Senin, 17 Oktober 2011

Remidi UTS Paket 2

REMIDI ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Program : X II/ IPA/IPS
Nama Siswa :…………………………………………………….
No. Absen :…………………………………………………….

PAKET 2

1. Laporan Pengamatan Daerah Permukuman Transmigrasi
Transabangdep, singkatan dari Trasnmigrasi Swakeersa Pengembangan Desa Potensial, merupakan upaya penataan dan pengembangan jasa di daerah transmigrasi yang masih memiliki potensi sumber daya alam untuk dikembangkan.
Lokasi pemukiman Transabangdep yang dikembangkan tahun 1992-1993 adalah Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan di Kecamatan Sungai Pinang. Kabupaten Banyar, Provinsi Kalimantan Selatan dengan rencana penempatan 250 KK. Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan merupakan desa berdampingan yang pertumbuhannya relatif lambat akibat kurangnya potensi sumber daya alam yang tersedia. Untuk memenuhi penduduk sesuai dengan keterampilan dan jenis usaha yang dibutuhkan bagi pembangunan desa-desa tersebut, masyarakat mengharapkan dikembangkannya program Transmigrasi Swakarsa.
Lokasi Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan dapat dicapai dengan kendaraan angkutan umum serta ojek. Fasilitas yang tersedia di desa ini adalah dua unit SD Negeri, satu unit Puskesmas Pembantu, dan dua unit Masjid.

Tulislah komentarmu disertai kritik dan saran terhadap laporan pengamatan di atas !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Tulislah fakta yang terdapat pada laporan tersebut !
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Tulislah alamat surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan berikut ini !
Dicari tenaga kerja untuk
1. Bagian keuangan minimal D3
2. Bagian administrasi, lulusan SMA/SMK
Lamaran ditujukan ke bagian personalia PT. Adidaya Grup, Jalan Tanah Abang II/70 Jakarta 10160.
Kompas, 21 April 2007
.
Merekonstruksi Sejarah Sastra Indonesia
Setiap kali membaca buku sejarah sastra Indonesia, baik tulisan Ateeuw maupun Ajip Rosidi, terasa ada yang hilang, yakni sastrawan besar seperti Hamzah Fansuri dan Raden Ngabehi Ronggowarsito. Belum lagi kita menyinggung pengarang besar MpuKanwa yang menulis dalam bahasa Kawi Arjuna Wiwaha pada jaman Kediri ( sekitar abad ke-11 dan ke-12 ), yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Sanusi Pane pada 1948 atau karya besar Mpu Prapanca yang dibuat pada zaman Majapahit tepatnya tahun 1365 (abad ke-14). Negarakertagama, yang dinilai sangat penting karena menguraikan riwayat Singasari dan Majapahit dan sumber-sumber pertama , yang menurut arkeolog Soekomono, ternyata sesuai dengan prasasti-prasasti yang ditemukan.
Ada mata rantai yang terputus ketika para pengamat sastra Indonesia seperti A Teeuw, Ajip Rosidi, dan Umar Junus membuat titik awal kelahiran sastra Indonesia Tampak bahwa ketiganya menggunakan tolok ukur “ kesadaran kebangsaan “ ( istilah Ajip Rosidi ) dan “ bersifat nasional “ ( istilah Umar Junus ) yang merupakan kriteria di luar wilayah sastra untuk dijadikan acuan dimulainya sejarah sastra Indonesia. Mereka tidak mempertimbangkan dan bahkan cenderung menafikan embrio yang melahirkan sastra Indonesia.

4. Tulislah ide pokok dan permasalahan yang terdapat dalam kutipan di atas !
………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Lelaki dan Sekuntum Kamboja
Cerpen M. Arman AZ

Apakah yang menarik di sebuah tempat bernama kuburan , selain pohon-pohon kamboja, makam-makam yang bertaburan, lirih angina mencekam, dan sunyi menikam ? Siapa pula yang mau menyambangi tempat beraroma angker itu, kecuali pada saat – saat tertentu seperti hari raya atau penguburan jenazah ?
Tapi hampir tiga bulan belakangan sering kulihat sosok lelaki itu di sana. Termangu di sebuah nisan berlapis marmer biru di pojok kiri areal pemakaman. Seingatku , itu makam seorang wanita. Aku yang menggali kuburnya dua tahun lalu. Entah apa hubungan si lelaki dan penghuni makam itu.
Dia masih muda. Kurasa umurnya di atas dua puluh tahun. Tubuhnya kurus jangkung. Kalau berjalan agak membungkuk. Rambut ikal dan jambang memenuhi wajahnya. Kehadirannya tak bisa diterka. Kadang seminggu sekali, dua minggu sekali, malah pernah dua hari berturut-turut kupergoki dia sedang ziarah. Mungkin orang lain tak akan percaya jika kuceritakan hal ini. Tapi begitulah kenyataannya. Kebiasaannya. Kebiasaan unik lelaki itu membuatku cepat hafal wajah dan gerak-gerinya. Anak istriku pun tak curiga lagi jika melihatnya di kejauhan, berjingkat melewati nisan demi nisan, sebelum tiba di makam itu.
Pernah suatu pagi, ketika membuka pintu belakang untuk menaburi jagung di kandang ayam, aku kaget melihat di sudah di sana. Matahari belum utuh menyembul dari ufuk timur, tapi dia seperti tak kenal waktu. Ketika orang-orang berangkat kerja, ke pasar, atau sekolah, dia malah ke kuburan. Kuamati gerak-geriknya dari balik seng lapuk. Dia sedang menyingkirkan daun-daun kering yang berserak di atas makam dan mencabut rumput liar yang tumbuh di sekelilingnya. Setelah bersih, ia duduk bersimpuh. Hening. Tak lama kemudian, terdengar lantunan ayat suci menggeletarkan udara pagi.
Terakhir kali aku melihatnya minggu lalu. Cuaca ramah waktu itu. Angin berembus sepoi. Sinar matahari senja menyibak rindang pohon kamboja. Jatuh di tubuhnya berupa pendar-pendar cahaya dan siluet dedaunan. Seekor kupu-kupu kuning, entah dari mana datangnya, terbang rendah sebelum hinggap di sudut batu nisan. Dari jendela kamar, mataku tak berkedip merekam pemandangan itu.
Sumber : www kumpulan-cerpen. blogspot.com

Carilah nilai moral yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas !
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar